Total Pageviews

Thursday, February 23, 2023

HAUL KE 60 TAHUN KH ZAINUL ARIFIN

Seminggu lagi, 2 Maret 2023, merupakan Haul (peringatan meninggalnya) KH Zainul Arifin ke 60. Bertepatan pula dengan HUT Nahdlatul Ulama ke 100.

Biasanya dalam acara Haul keluarga besar Zainul Arifin berziarah kubur dan tabur bunga bersama di makam Angku di TMPN Kalibata. Namun karena kesibukan masing-masing ditambah cuaca yang sering tidak mendukung belakangan ini, tahun ini acara ziarah dan tabur bunga ditiadakan.

Bagaimanapun, beberapa individu sudah menyempatkan berziarah dan berdoa dimakam Kahaza. Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Anies Baswedan yang telah berziarah dan berdoa di makam Angku kami. Juga untuk Saudara  M. Hanif, cicit KH Saifuddin Zuhri, serta Bapak Sukran dari KKBSSAP yang juga sempat berfoto di Kalibata manakala yayasan Matauli pimpinan Akbar Tanjung berziarah ke makam Pahlawan Nasional Feisal Tanjung.

Pun, NU Creative Media dalam rangka peringatan seabad NU telah menjelaskan KH Zainul Arifin sebagai tokoh NU pertama dengan jabatan tertinggi di pemerintahan yakni sebagai Wakil Perdana Menteri dalam Kabinet Ali Sastroamijoyo I (1953-1955). Zainul Arifin juga tokoh NU pertama mengetuai parlemen (DPR) sejak 1960 hingga wafatnya 1963. Angku pula tokoh NU pertama yang mendapat anugerah Pahlawan Nasional dari pemerintahan Presiden Sukarno.

Barakallah. Al Fatihah untuk Zainul Arifin bin Syahi Alam Pohan. (Ario Helmy)

No comments: