Total Pageviews

Sunday, July 25, 2021

Mas Anam dan Tulisan tentang KH Zainul Arifin


Oleh: Abdullah Zuma

Selama saya dibimbing menulis oleh Mas A Khoirul Anam, tak pernah sama sekali mendapat apresiasi yang bagus. Lebih sering koreksi dan omelan. 

Omelannya memang dengan suara rendah. Tapi intonasi dan pilihan katanya menunjukkan dia editor ketat. Jangankan tulisan berlogika kacau, beberapa salah ketik pun, saya harus memperbaikinya. 

Mas Anam hanya sekali mengapresiasi tulisan saya. Hanya sekali dan tak akan pernah lagi. Itu pun bukan karena cara menulis yang apik, tapi lebih karena mengungkap tertembaknya KH Zainul Arifin pada peristiwa Idul Adha berdarah tahun 1962.

Waktu itu, sumber bacaan saya adalah buku "Berzikir Menyiasati Angin" karya Ario Helmy, cucu KH Zainul Arifin. 

Tulisan itu dimuat NU Online pada 2016. Saya muat ulang di NU Jabar Online tahun ini.

No comments: